Minggu, 13 Mei 2012

besok, korban sukhoi ditargetkan terangkat semua

JAKARTA, KOMPAS.com - Proses pengangkatan korban pesawat Sukhoi Superjet 100 belum bisa diselesaikan hari ini, Minggu (13/5/2012). Basarnas menargetkan akan menyelesaikan proses pemindahan jenazah pada Senin (14/5/2012) besok jika kondisi cuaca memungkinan.
Kepala Basarnas Marsekal Madya Daryatmo menjelaskan, proses pengangkatan korban terhalang oleh cuaca yang kurang baik pada hari ini. Hal ini mengakibatkan helikopter pengangkut jenazah korban tidak bisa masuk ke lokasi jatuhnya pesawat. Upaya ini juga terhalang oleh kondisi malam hari sehingga Basarnas menganggap tidak efektif untuk melakukan pengangkatan korban pada kondisi gelap.
"Evakuasi kita hentikan dulu sejenak, besok pagi kita mulai lagi. Tapi dihentikan itu bukan berarti operasi ditutup. Tim SAR di sana tetap menjalankan tugas," kata Daryatmo di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu (13/5/2012).
Daryatmo mengatakan, posisi tim SAR kini sudah berada di bawah atau pada area crash site tempat puing-puing pesawat ditemukan. Dengan kondisi tersebut, pengangkatan jenazah akan mudah dilakukan karena tim SAR sudah ada di lokasi paling penting di antara reruntuhan pesawat. "Karena sudah berada di dekat dengan puing-puing yang kami anggap lebih besar, saya targetkan besok bisa terangkat (korban) semua," ujarnya.
Sejauh ini, sebanyak 21 kantong jenazah telah tiba di RS Polri. Tiga kantong di antaranya berisi barang-barang yang ditemukan di lokasi kejadian, seperti pakaian, perhiasan, kartu identitas, dan lainnya. Total penumpang yang ikut dalam penerbangan nahas itu berjumlah 45 orang, termasuk delapan awak pesawat dari Rusia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar